Kriteria Asuransi Pendidikan yang Bagus untuk Digunakan Anak


Anak merupakan harta yang tak ternilai. Maka wajar saja jika orangtua selalu berusaha  untuk memberikan semua yang terbaik untuknya. Salah satunya adalah dengan menyiapkan pendidikan terbaik untuk anak. Tidak hanya itu, orangtua juga mulai banyak yang melindungi pendidikan anak dengan produk asuransi pendidikan yang bagus. Dengan begitu, seandainya terjadi sesuatu menimpa orangtua, anak tetap bisa melanjutkan pendidikan tanpa khawatir dengan masalah biaya.

Kriteria Asuransi Pendidikan yang Bagus untuk Digunakan Anak

Namun, banyaknya pilihan asuransi pendidikan pasti membuat Anda bingung menentukan akan menggunakan yang mana. Nah, supaya tidak bingung, berikut ini hal yang harus dipertimbangkan saat menentukan asuransi pendidikan yang akan digunakan:

1. Premi yang Terjangkau 
Kriteria asuransi pendidikan untuk anak tentu dilihat dari preminya. Anda bisa memilih asuransi yang preminya terjangkau. Jangan sampai kewalahan tanpa mempertimbangkan premi yang akan dibayarkan. Asuransi yang bagus akan menyediakan beberapa pilihan premi dengan ragam fasilitas.

Lakukan penghitungan dengan matang agar Anda memilih premi yang memang sesuai dengan estimasi pendapatan nantinya. Lakukan diskusi dengan pasangan agar bisa mendapatkan kesepakatan terbaik. Jika bisa usahakan untuk mengambil premi yang bisa menanggung lebih dari satu orang.

2.      Sesuai Perencanaan
Saat akan memilih asuransi pendidikan untuk anak Anda perlu membuat perencanaan. Jadi asuransi yang bagus tentu sesuai dengan perencanaan pendidikan. Mulailah membuat perencanaan di mana tempat pendidikan atau sekolah yang menjadi sasaran.

Anda bisa memulainya dari pendidikan dini sampai dengan lanjutan. Ini akan menjadi gambaran biaya yang dibutuhkan ke depannya. Pastikan perencanaan pendidikan yang dilakukan sesuai dengan kemampuan anak nantinya. Pilihlah asuransi yang dapat memenuhi atau mempermudah Anda dalam menjalankan perencanaan pendidikan anak ke depannya.

3.      Besaran Pertanggungan 
Kriteria selanjutnya saat memilih asuransi pendidikan anak adalah melihat besaran pertanggungan yang diberikan. Anda bisa menanyakan hal ini kepada pihak asuransi di awal sekali sebelum mengambil kesepakatan.

Biasanya besaran pertanggungan sesuai dengan besaran premi dan lamanya menjadi peserta saat mengajukan klaim. Hanya saja Anda bisa menanyakan lebih detail kepada pihak asuransi agar tidak simpang-siur. Bagaimanapun setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

4.      Fasilitas
Kriteria selanjutnya saat memilih asuransi pendidikan adalah mengetahui fasilitas apa saja yang diberikan. Jangan sampai fasilitas tidak sesuai kebutuhan. Fasilitas dari asuransi akan diberitahu di awal saat Anda ingin bergabung. Tanyakan juga ada atau tidaknya fasilitas tambahan yang akan diberikan. Fasilitas tambahannya tentu saja sesuai kebutuhan pendidikan anak nantinya.

5.      Polis Fleksibel
Kriteria penting lainnya adalah memilih polis asuransi pendidikan yang polisnya fleksibel. Di mana dana dari premi bisa diambil sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Asuransi ini tentunya bisa berlangsung dalam jangka panjang. Mengingat biaya pendidikan yang terkadang dapat mengalami perubahan secara tiba-tiba.

6.      Perusahaan Terpercaya
Kriteria selanjutnya adalah memilih perusahaan asuransi terpercaya. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat track record perusahaan. Selain itu lihat bagaimana feedback dari para pemegang polis lewat blog atau pun pencarian di internet.

Terpercaya atau tidaknya sebuah perusahaan asuransi juga dapat dilihat dari mitra yang bekerja sama. Anda bisa mencari tahu informasi asuransi lewat mitra. Apa lagi jika ada mitra yang putus hubungan kerja sama. Pilihlah asuransi pendidikan yang banyak disarankan agar Anda tidak kecewa saat menggunakannya.

7.      Proses Klaim
Tidak hanya pada asuransi kesehatan, saat memilih asuransi pendidikan Anda juga perlu menanyakan dengan detail proses klaimnya.  Carilah asuransi dengan proses klaim mudah dan cepat. Langkah-langkah dari klaim yang perlu dilakukan bisa memberikan Anda gambaran yang jelas.

Asuransi pendidikan yang bagus akan membantu Anda memberikan fasilitas pendidikan terbaik untuk anak. Bagaimanapun kualitas pendidikan akan berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan. Hanya saja fasilitas yang diberikan tentu harus sesuai dengan kemampuan anak. Setelah menyelesaikan sekolah dasar Anda bisa meninjau kembali rencana pendidikannya.