Tips Sukses Investasi Rumah Kontrakan untuk Mahasiswa dan Pemula

Zaman sekarang, pelajar dan mahasiswa sudah banyak yang berpenghasilan. Bahkan, anak SD pun sudah bisa, salah satu caranya adalah menjadi seorang YouTuber. Tapi, jika ingin usaha yang terlihat ‘real’, rumah kontrakan bisa dijadikan ladang investasi. Berikut tips sukses investasi rumah kontrakan yang wajib mahasiswa dan pemula coba.

rumah kontrakan
livehappy.com

Cari Rumah yang ‘Jual Butuh’


Ada beberapa faktor yang memicu seseorang untuk pindah rumah. Bisa karena bencana alam, kebanjiran, atau sudah memiliki hunian baru di tempat pindahan. Orang yang ‘jual butuh’ tentu menjualnya dengan harga di bawah harga normal. Faktor pertama dan kedua mengharuskan Anda merenovasi dan membersihkannya terlebih dulu.

Hal ini dikarenakan kerusakannya yang tidak terlalu parah. Sedangkan untuk faktor ketiga, Anda hanya perlu membersihkannya, mengecat ulang, serta memperbaiki jika ada bagian yang rusak (misal genteng atau lantai yang pecah). Dengan cara ini, nilai jualnya bisa dinaikkan karena terlihat seperti rumah baru.

Tapi, jangan sampai usaha Anda ini membuat Anda terlalu lelah sehingga melalaikan tugas kuliah. Orang tua Anda tentu kecewa jika aktivitas mencari uang ini menganggu aktivitas kuliah Anda. Jadi, lakukan semampunya tapi sungguh-sungguh saat kuliah kosong dan tidak ada tugas. Stop dulu kegiatan ini jika Anda sedang menyusun skripsi.

Periksa Denah dan Aksesnya


Lokasi rumah yang akan dikontrakkan harus strategis. Hal ini bisa diketahui dari denah dan akses angkutan umum yang bisa dicapai dari rumah kontrakan tersebut. Denah juga membantu Anda dalam memperkirakan stbilitas sumber air. Karena salah satu pertimbangan calon pengontrak atau penyewa rumah adalah keberadaan sumber airnya.

Harga sewa murah tapi susah mencari air bersih jelas membuat tidak nyaman penyewa. Apalagi setiap aktivitas dari bangun tidur sampai tidur lagi, apalagi seorang Muslim yang harus shalat 5 waktu, butuh air untuk keperluan menyusikan diri, baik mandi maupun wudhu.

Membuat Prediksi di Masa Depan


Tips sukses investasi rumah kontrakan kali ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan peramal, tapi Anda tetap harus memahaminya. Dengan memperkirakan apa yang terjadi di masa depan, Anda bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau merugikan.

Salah satunya adalah penurunan nilai jual dan sewa rumah. Anda bisa memperkirakan atau membuat prediksinya dengan melihat perkembangan infrastruktur, tiingkat kegiatan ekonomi, serta berbagai macam plan yang ditangani pemerintah, baik langsung dari pusat maupun pemerintah daerahnya (pemda).

Masih banyak lagi tips sukses investasi rumah kontrakan yang harus Anda ketahui, pahami, dan terapkan jika ingin sukses bisnis rumah kontrakan. Jika lokasinya dekat kampus, Anda bisa menargetkan teman seangkatan yang ingin pindah ke kontrakan karena lebih erat kekeluargaannya (bukan kavling), tapi dalam bentuk rumah atau mahasiswa baru (yunior).