Perhatikan 4 Hal Ini sebelum Mengganti Pelek Mobil

Mengganti pelek mobil bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan tanpa adanya perhitungan. Soalnya pelek mobil ini bukan hanya menyangkut penampilan mobil tapi juga keselamatan selama berkendara. Untuk itulah, banyak sekali hal yang mesti dipersiapkan atau dilakukan terlebih dulu. Termasuk memperhatikan 4 hal ini sebelum Anda melakukan pergantian. 


mengganti pelek mobil
indonesiautoblog

1. Pemilihan Desain Pelek


Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah pemilihan desain dari pelek itu sendiri. Seperti yang diketahui bahwa berupa alasan memilih menggunakan pelek. Ada yang memang untuk ketahanan mobil hingga ada yang memang untuk bergaya. Tentu tidak ada yang salah, asalkan tahu bahwa pemilihan pelek nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. 

Hal tersebut dapat terlihat langsung dari pemilihan desain pelek itu sendiri. Desain pelek yang fokus terhadap penampilan dan desain pelek yang fokus terhadap performa tentunya berbeda. Untuk itulah, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu pelek seperti apa yang Anda inginkan. Barulah setelah itu, bisa menyesuaikan dengan pemilihan desain pelek yang dibeli. 

2. Kualitas Pelek


Meskipun terdengar sederhana ternyata menentukan kualitas pelek bukanlah perkara yang mudah. Anda harus jeli dalam melihat berbagai pelek di pasaran yang ternyata jumlahnya sangat banyak. Untuk bisa mengetahui hal tersebut maka Anda harus mengetahui tentang perbedaan antara pelek asli dengan pelek palsu mobil. Hal ini untuk mencegah terjadinya penipuan. 

3. Kenali Material dari Pelek Tersebut


Hal berikutnya yang mesti diperhatikan ketika akan mengganti pelek mobil adalah dengan mengenali material dari pelek itu sendiri. Perlu diketahui bahwa material dari setiap pelek itu tentunya berbeda-beda. Jadi sangat disarankan untuk mengenali pelek yang cocok dan juga lebih ringan. Hal ini dilakukan untuk tidak memberatkan kerja mesin mobil dan memaksimalkannya.

4. Pilih Toko yang Dipercaya


Terakhir adalah dengan memastikan bahwa nantinya Anda akan membeli pelek mobil tersebut dari toko yang terpercaya. Asal tahu saja bahwa banyak sekali toko yang menjual pelek mobil dengan kondisi yang memprihatinkan. Memprihatinkan bukan semata karena kualitasnya yang meragukan tapi juga karena bisa jadi pelek tersebut ternyata palsu. 

Bahkan ada beberapa toko yang menjual pelek yang rekondisi dengan kualitas yang sangat buruk. Biasanya pelek tersebut merupakan pelek bekas yang ditutupi dan juga dicat agar terlebih baru. Padahal apabila konsumen menggunakan pelek ini tentunya akan merusak kondisi mobil mereka bahkan juga bisa membahayakan keselamatan nyawa mereka sendiri. 

Jadi mengganti pelek mobil memang bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan secara sembarangan apalagi tanpa adanya perhitungan. Empat hal yang sudah dijelaskan di atas disarankan dilakukan sebelum Anda melakukan pergantian. Supaya nantinya hasil dari mobil yang sudah diganti pelek tersebut dapat maksimal dan juga sesuai seperti yang Anda inginkan sebagai pemiliknya.