6 Hal Sederhana untuk Bantu Perkuat Nilai Rupiah Indonesia

Nilai Rupiah Indonesia mulai mengalami penurunan. Pasalnya, 1 dollar sudah mencapai angka 15 ribu rupiah. Melemahnya rupiah menjadi perbincangan berbagai pihak. Namun, pihak bank mengingatkan masyarakat untuk tidak panik. Ada beberapa cara sederhana untuk membantu melawan mata uang dollar. 


nilai rupiah Indonesia

1.    Beli Produk Lokal 


Penukaran uang rupiah ke mata uang asing juga mempengaruhi stabilitas kurs. Untuk membantu nilai rupiah Indonesia agar tidak tambah merosot yaitu dengan membeli produk dalam negeri. Kualitas tentu saja ada perbedaan, namun bila hal ini dilakukan secara bersamaan maka bisa menjaga bahkan menguatkan rupiah. 

Mengurangi ketergantungan dari produk impor dapat dilakukan dengan mengonsumsi produk dalam negeri saja. Anda bisa mulai dari mulai pakai kosmetik dalam negeri, beli tas lokal, beli baju lokal, tidak pesan parfum dari luar negeri lagi.

2.    Menunda Membeli Barang Elektronik dan Handphone 


Sebagian besar barang elektronik dan handphone merupakan barang impor. Anda harus menunda pembelian barang ini dulu untuk mengurangi defisit neraca perdagangan. Selain barang elektronik, mobil mewah juga dalam defisit perdagangan. 

3.    Tukar Dollar ke Rupiah 


Mungkin Anda memiliki kemampuan finansial lebih dari cukup dan memiliki simpanan dolar. Bahkan simpanan ini dilakukan sebagai bagian dari investasi. Momen ini bisa Anda buat untuk menyelamatkan perekonomian bangsa dengan hal sederhana. 

Anda bisa menukarkannya dalam rupiah kembali. Selanjutnya, Anda bisa menginvestasikannya ke perusahaan investasi. Jika Anda memiliki mata uang dollar, sebaiknya tukarkan terlebih dulu ke Rupiah. Hal ini berguna untuk memperkuat kurs.

4.    Jangan Takut Punya Rupiah 


Meski isu penurunan nilai rupiah sudah diberitakan dimana-mana, Anda harus yakin nilai tidak akan terus menerus jatuh. Karena hal ini semacam sebuah siklus. Cepat atau lambat, nilai rupiah akan kembali pulih. Anda harus punya keberanian memegang mata uang rupiah. Hal terpenting yaitu jangan terbawa arus untuk ikut menukarkan rupiah ke dollar.

5.    Menunda Jalan-Jalan ke Luar Negeri 


Menggunakan mata uang asing sama halnya dengan poin sebelumnya. Jalan-jalan ke luar negeri pun harus Anda tunda terlebih dulu. Dengan melakukan trip ke luar negeri, itu artinya rupiah tidak akan digunakan. 

6.    Pakailah Transportasi Publik 


Hal paling sederhana yang bisa membantu menjaga nilai rupiah Indonesia yaitu naik angkutan umum. Apa hubungan transportasi umum dan nilai rupiah? Kendaraan pribadi mendominasi penggunaan BBM hingga 93 persen. BBM sendiri didapat dari impor. 

Jika ikut menghemat penggunaan BBM maka BBM yang impor tadi tentunya bisa dikurangi. Cara ini bisa membantu kurs rupiah stabil. Selain keuntungan itu, bisa untuk mengurangi polusi kota yang kendaraannya berkurang.

Penurunan nilai rupiah Indonesia memang bukan berita gembira, namun Anda harus mengambil langkah kecil dan sederhana, setidaknya punya andil dalam membuat mata uang bangsa ini kuat. Oleh karenanya, saatnya Anda ikut andil untuk membuat rupiah kembali.